Gereja Keuskupan Surabaya sebagai persekutuan murid-murid Kristus yang semakin dewasa dalam iman, guyub, penuh pelayanan dan misioner

Terkini

Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Keuskupan Surabaya, melalui Seksi Sosial Paroki (Seksos), menjadi ujung tombak dalam memberikan bantuan sosial karitatif kepada masyarakat kurang mampu.

Pada 2009, Musyawarah Pastoral Keuskupan Surabaya melahirkan Arah Dasar (Ardas) Keuskupan Surabaya. Ardas terdiri dari rumusan dan cita-cita bersama tentang Gereja, yang dituangkan dalam program bidang pastoral dan nilai hidup. Sedangkan Komisi PSE, yang menjadi bagian dari Bidang Kerasulan Umum, bertugas mengembangkan program konkret dan nilai hidup.

Program konkret dibagi dalam dua bagian. Pertama, pengembangan kesadaran dan partisipasi umat dalam upaya pemberdayaan kewirausahaan, terutama bagi petani dan kaum muda. Kedua, pemberdayaan lembaga keuangan mikro atau Credit Union (CU) guna meningkatkan mutu kehidupan ekonomi masyarakat.

Komisi PSE telah menetapkan peta jalan (roadmap) periode 2010-2019 untuk program kewirausahaan dan CU. Kewirausahaan meliputi Focus Group Discussion (FGD) kewirausahaan, pelatihan pendamping, pelatihan pelaku, penguatan nilai, pembentukan jejaring, dan pengembangan kerjasama kewirausahaan. Sementara CU meliputi sosialisasi CU, peningkatan kapasitas dan manajemen pengurus, penguatan nilai, pembentukan forum, dan pengembangan CU.

Google